Analisa Iklan Media Cetak

Analisa Iklan Media Cetak 

Perkembangan sejarah iklan dan surat kabar dimulai dari zaman penjajahan di Indonesia. Pada jaman penjajahan, Indonesia lebih dikenal dengan nama Hindia Belanda. Indonesia telah diajajah oleh beberapa negara salah satunya adalah Belanda. Belanda telah menjajah Indonesia tiga setengah abad lamanya. Tidak heran jika Belanda memiliki kekuasaan yang sangat besar dalam menjajah Indonesia, dengan mendirikan sebuah organisasi dagang yang bernama Verenigde Nederlandsche Oost-Indische Compagnie atau yang biasa dikenal dengan VOC.

Percetakan dikenal sejak kedatangan Belanda pada jaman Verenigde Nederlandsche Oost-Indische Compagnie (VOC) dan para minoris karena telah munculnya rasa kesadaran akan betapa penting manfaat pers. VOC menggunakannya untuk mencetak peraturan-pertauran, sedangkan para minoris untuk menerbitkan literatur agama dalam bahasa daerah.

Media Cetak adalah sebuah media penyampai informasi yang memiliki manfaat dan terkait dengan kepentingan rakyat banyak, yang disampaikan secara tertulis. 
contohnya :
  • koran 
  • majalah 
  • tabloid 
  • brosur 
  • pamflet 
  • poster bultetin
  • ebook
  • surat kabar mingguan 
  • majalah mingguan 

ANATOMI NASKAH IKLAN MEDIA CETAK

Iklan cetak umumnya memiliki unsur-unsur utama yang menggunakan istilah-istilah sebagai berikut :

Headline atau judul (yang tentu harus ada kaitannya dengan bodycopy-nya)
Visual, Illustrasi, gambar atau foto orang (model) atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif dan/ atau foto produk itu sendiri.

Bodycopy, atau teks yang memberikan informasi yang lebih rinci tentang produk atau jasa yang dijual.

Product Shot atau foto produk (yang sekaligus bisa menampilkan nama merk). Product Shot ini bisa saja merupakan main visual atau illustrasi utama.

Baseline yang biasanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan tagline, slogan, catch phrase, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan


Kupon yaitu pengiklan menginginkan response langsung dari sasaran atau untuk kepentingan survey konsumen dengan pencantuman kode tertentu.



Flash yaitu misalnya perkataan “Baru”, “Harga Diturunkan” dan sebagainya yang ditulis dalam bentuk grafis tertentu untuk mendapat perhatian khusus konsumen



Pengertian analisis swot adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek..



contoh anatomi naskah media cetak :


SWOT dari produk shampo CLEAR : 

Strenght (kekuatan) :

1. CLEAR telah bermitra dengan ahli dermatologi terkemuka dunia dari Internation Academy of Dermatology (IACD) untuk membawa teknologi nutrisi kulit kepala yang pertama kali dipatenkan - New CLEAR dengan Nutrium 10 kepada konsumennya

2. Tersedia dalam 5 varian berbeda untuk berbagai jenis kebutuhan rambut

3. Hapus merek yang tersedia di lebih dari 14 negara di seluruh dunia

4. Clear adalah satu-satunya merek yang menawarkan sampo Anti ketombe yang diformulasikan khusus untuk pria

5. Duta merek selebriti dan iklan yang bagus

Weakness (kelemahan) :

1. Dominasi hanya di segmen sampo anti-ketombe, tidak ada varian yang tersedia untuk penggunaan sampo normal2. Beberapa merek-ulang selama bertahun-tahun - Klinik Khusus untuk Klinik Semua Jelas untuk 'Jelas' saat ini. Dapat membuat kebingungan tentang nama merek di kalangan konsumen
.
2. Pangsa pasar rendah bahkan di segmen sampo anti-ketombe dibandingkan dengan pesaing seperti Head & Shoulders

Oporntunity ( peluang )


1. Untuk menyelaraskan diri dengan standar kualitas internasional tahun ini Clinic All Clear telah diluncurkan kembali tahun ini sebagai Clear

2. Pengenalan Minyak Rambut Anti Ketombe yang melawan ketombe dan memperkuat rambut dari kulit kepala, sebagai ekstensi merek

Thereat ( ancaman )


1. Pasar yang sangat kompetitif memiliki banyak pemain dengan penawaran serupa dan harga yang lebih murah

2. P&G menulis kepada Dewan Standar Periklanan India, yang meminta

tanggapan dari HUL mengenai iklan Clear yang dibintangi Bipasha Basu yang memiliki referensi bisu kepada Head & Shoulders dalam iklan tersebut.














Comments

Popular posts from this blog

Farhan Novian